IAIN PEKALONGAN BUKA SELEKSI DOSEN NON PNS

Hari ini, Jum’at, 18 Oktober 2019 IAIN Pekalongan umumkan seleksi penerimaan Dosen Tetap Bukan Pegawai Negeri Sipil (DTBPNS). Rekrutmen ini dilakukan untuk memenuhi kouta Dosen Tetap sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Surat Persetujuan Menteri Agama RI Nomor 844 Tahun 2016, dimana kuota DTBPNS IAIN Pekalongan berjumlah 30 formasi namun saat ini banyak formasi yang ditinggalkan karena sebagian diterima menjadi CPNS dan sebagian lainnya mengundurkan diri. Rekrutmen DTBPNS ini berpedoman pada Peraturan Menteri Agama RI Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pengangkatan Dosen Tetap Bukan Pegawai Negeri Sipil Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dan Dosen Tetap Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta. Dalam pelaksanannya, rekrutmen DTBPNS ini secara teknis operasional mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 844 Tahun 2016 tentang Pedoman Tata Cara Pengangkatan Dosen Tetap Bukan Pegawai Negeri Sipil Perguruan TInggi Keagamaan Islam Negeri.

Rektor IAIN Pekalongan, Bapak Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag berharap dengan dibukanya rekrutmen DTBPNS kali ini dapat memenuhi kuota tenaga pendidik di lingkungan IAIN pekalongan sebagaimana yang telah ditetapkan Menteri Agama. Sehingga, gap rasio perbandingan antara dosen dan mahasiswa dapat terkurangi meskipun dengan bertambahnya tenaga pendidik melalui rekrutmen DTBPNS ini tetap saja belum sempurna, karena saat ini rasio perbandingan tersebut antara 1 : 60, padahal idealnya 1 : 30. Beliau juga berharap banyak pelamar yang mendaftar pada seleksi penerimaan DTBPNS ini, sehingga rekrutmen ini betul-betul menjadi ajang kompetisi dalam menyaring kualitas akademik dan keilmuan tenaga pendidik di IAIN pekalongan, imbuhnya.

Di tempat terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Bapak Dr. H. Muhlisin, M.Ag selaku Ketua Panitia Rekrutmen menuturkan bahwa formasi yang dibuka dalam rekrutmen DTBPNS tahun 2019 ini sebanyak 13 jabatan yang tersebar di seluruh Fakultas dan Pascasarjana di lingkungan IAIN Pekalongan. Penetapan formasi ini dilakukan secara selektif dan demokratis dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik dari unsur pimpinan di tingkat institut maupun fakultas. Dalam penetapannya, formasi DTBPNS ini dengan mempertimbangkan aspek prioritas dan kebutuhan yang sangat mendesak akan tenaga pengajar pada tahun-tahun mendatang, terangnya.

Lebih lanjut secara teknis Kepala Bagian Umum, Bapak Saiful Anam, S.Ag., M.A menjelaskan bahwa pendaftaran seleksi penerimaan DTBPNS tahun 2019 ini dilakukan secara online dengan mengisi biodata pada laman http://seleksi.iainpekalongan.ac.id. Pendaftaran online dapat dilakukan mulai tanggal 19 s.d 30 Oktober 2019, sedangkan berkas lamaran diterima panitia paling lambat tanggal 1 November 2019 pada jam kerja. Rekrutmen DTBPNS ini dilakukan melalui 2 mekanisme, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar dengan instrumen Computer Assisted Test (CAT) dan Seleksi Kompetensi Bidang dengan instrumen micro teaching dan wawancara, jelasnya. _(Humas Bagian Umum)

Pengumuman diunduh disini

Pendaftaran online [KLIK]

11 thoughts on “IAIN PEKALONGAN BUKA SELEKSI DOSEN NON PNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *