Keep Moving Forward

Keep Moving Forward

(OKPP-IAIN) Saudaraku, semoga Allah melimpahkan taufik dan hidayah kepada kita semua, Aamiin.

Kenyataan terkadang membuat seseorang harus menggigit jari. Karena apa yang diinginkannya tidak tercapai, maka mulailah pikirannya melayang-layang dan berandai-andai. Seandainya dulu begini, seandainya kemarin tidak begitu, dan seterusnya.

Kadang kita selalu menyalahkan masa lalu. Kenapa dulu begini, ngapain dulu memutuskan ini, coba kalo begini, coba kalo begitu. STOP !

Masa lalu adalah masa lalu, masa yang tidak dapat kita ulang dan kita rubah, masa yang sudah terjadi. Ketika dulu kita telah menyakiti seseorang, kita tidak akan bisa mengulang masa itu dan merubah keadaan agar kita tidak menyakiti orang tersebut. Yang bisa kita lakukan adalah memperbaiki kesalahan itu dengan meminta maaf secara sungguh-sungguh dan tidak melakukannya lagi. Ataupun ketika kita merasa sekarang kita salah mengambil jurusan atau program studi ketika kuliah, kita tidak bisa kembali ke masa lalu untuk merubah pilihan kita. Yang bisa kita lakukan adalah hadapi dan selesaikan apa yang telah kita mulai dulu.

Masa depan, adalah sebuah harapan dan cita-cita, walaupun masih ghaib. Namun hal yang ghaib itu bisa kita rubah menjadi nyata. Masa depan adalah milik kita, masa lalu telah berlalu. Tetaplah bergerak kedepan, tetaplah melaju, karena sungguh waktu tidak pernah melaju ke belakang. Waktu akan terus berdetak dan menghabiskan usia kita.

Lalu manakah yang harusnya lebih banyak kita lakukan, meratapi masa lalu yang telah berlalu yang tidak bisa kita ulangi? Ataukah menata masa depan yang belum terjadi yang menjadi harapan dan cita-cita kita?

“Around here, however, we don’t look backward for very long. We keep moving forward, opening up new doors and doing new things, because we are curious… and curiousity keeps leading us down new paths. Keep Moving Forward…” (Walt Disney)(OKPP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *