OKPP IAIN PEKALONGAN GELAR SUMPAH PNS DENGAN STANDAR KEAMANAN COVID-19

Pekalongan (10/8/2020) – Sub Bagian organisasi, Kepegawaian dan Penyusunan Peraturan IAIN Pekalongan menggelar acara pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Senin, 10 Agustus 2020 bertempat di Auditorium Kampus I, Jl. Kusuma Bangsa No. 9 Pekalongan. Pengambilan sumpah dilakukan langsung oleh Rektor IAIN Pekalongan dan didampingi 2 (dua) orang saksi, yakni Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Turut hadir dalam acara tersebut, yaitu para Dekan, Direktur dan sejumlah tamu undangan.

PNS yang diambil sumpah kali ini adalah CPNS rekrutmen 2018 tahap II yang telah memenuhi syarat untuk diangkat menjadi PNS. Ada 6 (enam) orang yang diambil sumpah yaitu 1) WAHID WACHYU ADI WINARTO, M.SI. 2) HENDRI HERMAWAN ADINUGRAHA, M.S.I. 3) BAHTIAR EFFENDI, M.E. 4) JAINUL ARIFIN, M.Ag. 5) NOVENDI ARKHAM MUBTADI, M.Akun dan 6) FARIDA ROHMAH, M.Sc.

Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 sebagaimana telah diubah dengan PP Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil menyatakan bahwa setiap CPNS yang telah melampaui masa percobaan berhak untuk diangkat menjadi PNS. Masa percobaan merupakan masa prajabatan, dimana para CPNS wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan (istilah sekarang pelatihan dasar – red). Ada 2 (dua) syarat CPNS untuk dapat diangkat menjadi PNS, yakni lulus pelatihan dasar (latsar) dan sehat jasmani dan rohani.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag mengucapkan selamat kepada para CPNS yang telah diangkat menjadi PNS dan hari ini telah mengikrarkan sumpah PNS di hadapan pimpinan dan seluruh yang hadir dalam acara ini. Pengangkatan PNS ini merupakan Anugerah dari Allah SWT., sehingga kita harus bersyukur atas nikmat yang besar ini. Rektor berharap semoga PNS yang telah mengucapkan sumpah ini mampu menjalankan tugas yang diamanahkan dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi untuk kemajuan IAIN Pekalongan. Rektor juga berpesan kepada PNS yang diambil sumpah agar menegakkan integritas, disiplin dan komitmen yang tinggi baik pada institusi IAIN Pekalongan, Pemerintah, Pancasila dan UUD 1945. PNS diminta bekerja dengan sungguh-sungguh dan semangat mengabdi pada bangsa dan negara, memajukan institusi dan juga menjaga nama baik IAIN Pekalongan, tambahnya.

Sumpah yang diikrarkan keenam PNS tersebut yaitu 1) setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 45, NKRI dan Pemerintah; 2) melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab; 3) menjunjung tinggi kehormatan Negara, Pemerintah dan martabat PNS; 4) mengutamakan kepentingan Negara daripada kepentingan sendiri, seseorang dan/atau golongan; 5) memegang rahasia sesuatu yang menurut sifatnya atau menurut perintah harus dirahasiakan; dan 6) bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan bersemangat untuk kepentingan Negara.

Acara sumpah PNS ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan physical distancing. Seluruh peserta dan tamu undangan wajib memakai masker dan jaga jarak. Dalam suasana pandemi covid-19 ini tentu tidak boleh mengurangi aktifitas atau bahkan menghentikan kegiatan-kegiatan yang sifatnya pelayanan publik. Sebagaimana anjuran Pemerintah, semua pelayanan publik harus tetap jalan meski dengan segala keterbatasan. Demikian pula dengan pengangkatan dan pengambilan sumpah PNS tetap harus jalan guna memenuhi hak-hak pegawai dan juga memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (OKPP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *